MGZ4NGR5NaN4NWBaMaB9MWV6MncsynIkynwbzD1c

Harga dan Jenis HPL Interior serta kelebihan dan kekurangannya

BLANTERLANDINGv101
5091283390637644176

Harga dan Jenis HPL Interior serta kelebihan dan kekurangannya

Selasa, 16 Agustus 2022
Konten [Tampil]

Jenis HPL Interior; Saat ini HPL menjadi salah satu lapisan yang banyak digunakan untuk interior. Banyak dipakai diberbagai bangunan, interior rumah, hotel, restoran, kafe dan lain sebagainya. Tetap perlu saya tekankan kembali bahwa HPL tida dapat diaplikasikan sendirian, namu hanya bersifat Sebagai pelapis atau finishing bahan kayu olahan.

Jenis HPL Interior

Kepanjangan dari High Pressure Laminates dan dikenal dengan nama singkatan nya HPL. HPL adalah salah satu bahan kayu olahan dengan pelapis berlaminasi yang banyak dijumpai pada furnitur dan material bagunan.

Harganya yang cukup terjangkau ini tetap bisa memberikan sentuhan rumah yang alami. Meskipun tidak sebagus kayu yang harganya pun juga mahal.

Sebelum Anda memutuskan membeli HPL, baiknya Anda sudah mengetahui lebih lanjut mengenai material ini. Dalam artikel ini akan membahas tentang HPL yang meliputi:


HPL memiliki banyak varian moti, mulai dari warna glossy, mate, motif serat kayu dan lain sebagainya. Ini memungkinkan anda dapat megatur konsep interior secara mudahh, melakukan beberapaa penyesuaian dengan pelapisan memakai HPL.

Apa itu HPL ?

HPL Adalah

Mungkin anda sering mendengar , Lemari HPL, Kitchen set HPL, Atau beberapa furniture lain yang menggukan nama HPL sebagai icon nya.

Tetapi pada dasarnya HPL hanya lapisan saja, sedangkan untuk pemakaian Rangka memakai plywood atau multiflex, blockboard dan beberbagai material yang biasa dipakai untuk interior.

HPL memiliki struktur 3 lapisan utama dalam proses pembuatan nya, yaitu terdiri dari lapisan pertama sebagai kertas penutup, kemudian kertas dekoratif dan kertas kraft. Melalui proses pembuatan pabrikasi berteknologi tinggi dengan mekanisme ditekan menjadi lembaran melalui tekanan dan suhu tinggi.

Karena memakai bahan plastik sintetis , HPL dinilai memiliki ketahanan yang kuat terhadap gesekan, panas, dan kelebaban yakni menjadi kelebihan pelapis HPL Di Bandingkan dengan Duco atau lapisan lain . Produk ini sangat cocok untuk laminasi papan multiflex, maupun jenis kayu olahan lain sehingga menjadi lebih menarik dan kuat.

Mempunyai beberapa lapisan yang diproses menjadi produ kuat. Yakni lapisan sulfat dan dipadukan denga Kertas Kraft ( Resin Fenolik) dan layer berikutnya adalah Kertas dekoratf, hingga ada lapisan terakir yakni laminasi transparan (Kertas Overlay).

HPL di produksi memakai tekanan tinggi dalam setiap lapisannya, yakni pada suhu sekitar 1000 kg per meter persegi dan suhu 140 derajat Celcius. 

Papan laminasi ini membentuk bahan yang kuat, tahan lama, cocok untuk lapisan kitchen set, lemari, Partisi rumah,  dan menawarkan berbagai motif desain dan aplikasi yang cukup luas.

HPL dapat digunakan pada permukaan plywood dengan penerapan vertikal dan horizontal. Sedangkan anda juga dapat panaskan untuk  proses membuat kontur atau lekukan tertentu, khususnya tergantung pada ketebalan lembaran.

Tersedia dalam beberapa versi Ketebalan , mulai dari HPL 0.8mm hingga 1.5mm dengan dimensi panjang dan lebar sekitar 244cm dan 122cm. 

Baca Juga: Ukuran Kitchen set Standar

Sejarah Singkat HPL Interior

Leo Hendrik Baekeland, seorang ahli kimia Belgia, membuat penemuan awal HPL pada tahun 1896.

Pertama, ia mencari plastik sintetis sebagai pilihan yang lebih murah untuk isolator peralatan listrik. Tetapi siapa yang akan menebak mengingat seberapa sukses dan diterapkannya eksperimen itu secara luas?

HPL tersedia secara luas saat ini dalam berbagai bentuk dan ditawarkan dalam berbagai biaya dan tingkatan.

Namun, karena mudah patah, HPL bukanlah material yang bagus. Memiliki lemari atau pintu minimalis dengan budget terbatas jelas bukan masalah bagi konsumen. Leo Hendrik Baekeland, seorang ahli kimia Belgia, membuat penemuan awal HPL pada tahun 1896.

Pertama, ia mencari plastik sintetis sebagai pilihan yang lebih murah untuk isolator peralatan listrik. Tetapi siapa yang akan menebak mengingat seberapa sukses dan diterapkannya eksperimen itu secara luas.

HPL tersedia secara luas saat ini dalam berbagai bentuk dan ditawarkan dalam berbagai biaya dan tingkatan.

Namun, karena mudah patah, HPL bukanlah material yang bagus. Memiliki lemari atau pintu minimalis dengan budget terbatas jelas bukan masalah bagi konsumen.

Mungkin itulah sedikit dari sejarah atau asal-usul dari HPL Interior yang saat ini banyak anda jumpai.

Kekurangan HPL (High Pressure Laminated)

Selain memiliki beragam kelebihan, juga disini saya akan menjelaskan beberapa kekurangan HPL yang perlu anda ketahui.

  • Seluruh proses pengerjaan HPL harus dilakukan dengan sempurna. Jika tidak akan ada lapisan HPL yang lepas atau terlihat adanya lapisan ketebalan HPL, terutama pada bagian ujung atau sudut.
  • Proses pengerjaan untuk HPL tebal sulit diaplikasikan pada sudut melengkung kecil. Biasanya pada pengerjaan bidang melengkung kecil akan di bantu memakai sheet plastik.
  • Meski secara fisik tergolong keras, HPL memiliki tingkat kelenturan yang sangat rendah dan mudah patah.
  • Harus ada proses finishing lagi pada bagian sudut (edging) supaya tidak tajam.

Dari kekurangan HPL, Namun saya dapat memastikan lebih banyak kelebihanya,

Baca juga: Mengenal Jenis Veneer Kayu beserta kelebihan dan kekurangannya

Kelebihan HPL Untuk Interior

Ketika furnitur interior rumah Telah dilapisi dengan laminasi HPL, maka sudah dapat dipastikan menghasilkan estetika yang bersahaja.

Secara penggunaanya memang sagat flexibel dalam ketentuan pelapisan, pembuatan living room, Pembuatan Bedroom set, dan komponen dekorasi rumah anda.
Anda harus mengetahui Kelebihan bahan HPL ini sebelum membelinya selain harganya yang murah. Di antara kelebihan HPL adalah sebagai berikut:

  • Pemakaian laminasi HPL dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan Anda karena tersedia dalam berbagai warna dan pola.
  • Memiliki ikatan yang kuat dengan media yang tebal sekalipun.
  • Ini memiliki ketahanan yang cukup tinggi terhadap benturan dan gesekan dan penutup anti gores.
  • Cukup tahan lama warna dan motifnya untuk aplikasi horizontal dan vertikal.
  • Memiliki versi produk untuk tepi yang memudahkan pengerjaan furnitur dengan tepi tipis.
  • Mudah dirawat, dan tahan terhadap berbagai suhu.
  • HPL tahan terhadap panas dan memiliki kualitas anti jamur.
  • Prosedurnya proses pengerjaan cepat, sederhana, dan sangat praktis.
  • Harga terjangkau, sangat cocok untuk furnitur dengan desain kontemporer dan minimalis.
Pastikan anda memakai tukang yang sudah biasa menangani dan menerapkan proses pemasangan dan pengerjaan memakai HPL. Dilakukan secara teliti, menggunakan proses pengeleman yang benar supaya dapat menghasilkan produk interior sempurna.

Cara pemasangan HPL.

Proses pemasangan HPL Interior

Bagi sebagian orang yang belum mengetahui cara pemasangan dan pemotonganya biasanya hasilnya tidak  rapi. Untuk itu kami tidak merekomendasikan anda melakukan pekerjaan pemasangan HPL sebelum pernah mengkuti tukang interior. Namun anda juga bisa memahami konsep kerjanya, Berikut teknik pemasangan HPL.

  • Ratakan permukaan papan dengan amplas hingga halus. Bersihkan papan dari debu amplas yang tersisa.
  • Gunakan alat potong gergaji meja, lakukan hati-hati dan anda juga bisa Potong HPL dengan cutter khusus HPL atau cutter sesuai ukuran papan.
  • Oleskan perekat  khusus HPL pada seluruh permukaan papan dan substrat HPL merata.
  • Lalu anda bisa mulai merkatkan HPL, tekan dengan kuat ke papan. Ratakan dan Jangan buru-buru menekannya jika masih ada gelembung udara di antaranya.
  • Setelah merekat kencang, Rapikan sisa pinggiran HPL yang tidak menempel rata pada papan dengan menggunakan alat potong atau ampelas kasar.
  • Lakukan proses edging, baik secara manual atau menggunakan mesin untuk memberi finishing yang rapi pada pinggiran papan dengan HPL.
  • Rapikan hasil edging dengan cutter, serta samarkan jika ada cacat minor dengan spidol khusus HPL yang sewarna dengan warna HPL Anda.
  • Bersihkan papan yang sudah dilapisi HPL

Setidaknya itulah gambaran sederhana dalam proses memasang HPL ke Papan triplek atau blockboard. Pastikan anda melakukannya dan tiddak ada gelembung udara yang tertahan di HPL.

Baca Juga: Konsep desain interior Rumah , Hotel, Vila

Daftar Harga HPL (High Pressure Laminated)

HPL memiliki beragam Merek yang saat ini tersedia dipasaran, dan setiap mereknya memilik harga sendiri.

Tidak hanya dipengaruhi oleh merek saja , Harga HPL Juga bisa di sesuaikan dengan motifnya. 

Terdapat beberapa merk HPL , Misalnya Artform, Arborit, Grasmerino, Aica, Violam , ORI dan TACO.

Harganya mulai dari 100.000an hingga 600ribuan dengan panjang dan lebar standar. Berikut perkiraan daftar Harga HPL dari TACO sesuai dengan motifnya.

Merk Tipe Harga
Taco HPL Motif Kayu Tipe TH AA/BH Rp146.000,-
Taco HPL D / G Gloss Polos Rp129.000,-
Taco HPL AA / B / H Putih Rp97.000,-
Taco HPL AA / B / H Polos Rp117.000,-
Taco HPL Solid Brush Rp208.000,-
Taco HPL Motif Kayu Tipe J/FC Rp160.000,-
Taco HPL AA / B / H Warna Kayu Rp143.000,-
Taco HPL AD / G Doff Polos Rp129.000,-
Taco HPL Texture Rp209.000,-
Taco HPL New Texture Rp209.000,-
Taco HPL Vir Line Rp209.000,-
Taco HPL Polos Tipe TH AA Rp119.000,-
Taco HPL Glossy/Doff Tipe TH G/D Rp147.000,-
Taco HPL Floral (BU) Rp207.000,-
Taco HPL Putih Tipe TH AA Rp105.000,-
Taco HPL Super Glossy Tipe TH SG Rp600.000,-
Taco HPL Motif Kayu Glossy Tipe TH/GJ Rp186.000,-

Tentunya masih banyak sekali harga hpl terbaru sesuai dengan merek masing-masing, namun dari daftar diatas merupakan sekedar contoh satu merek saja. Selain itu TACO juga merupakan produk yang sering kali dapat dengan mudah ditemukan di toko penyedia perlengkapan interior.

Baca Juga: Jenis PVC plavon Berikut Harga dan Motifnya

Kesimpulan HPL

Itulah penjelasan terkait dengan jenis HPL dan kelebihan dan kekurangannya.

Penggunaan Material HPL banyak digunakan pada produk furniture interior. Berfungsi sebagai lapisan  permukaan interior karena kuat  dan banyak pilihan warna untuk penyesuaian konsep.

Biasanya untuk digunakan sebagai lapisan akhir atau finishing pada material kayu olahan seperti plywood, chipboard, MDF (Medium Density Fibreboard) dan chipboard plate.

 Tetapi proses pemasangan sebaiknya dikerjakan oleh orang yang sudah berpengalaman dalam bidang pekerjaan furniture HPL. Biasa dipakai untuk pembuatan Partisi , Backdrop TV, Pembuatan Bedroom set dan lain sebagainya.

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to erainterior@gmail.com

Support Era Interior CS 1
6283837068818
Sales Era Interior CS 2
6283894289416
Call us to +626283894289416 from 0:00hs a 24:00hs
Apa Rencana Anda?
×
Chat