MGZ4NGR5NaN4NWBaMaB9MWV6MncsynIkynwbzD1c

Alat dan Cara memotong triplek agar Rapi

BLANTERLANDINGv101
5091283390637644176

Alat dan Cara memotong triplek agar Rapi

Selasa, 01 November 2022
Konten [Tampil]

Memotong triplek terkadang membuat orang bingung, terutama pada ketebalan 3mm sering kali hasilnya tidak rapi dan kurang sempurna terlihat. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa tips dan trik terkait dengan cara memotong triplek agar rapi untuk semua ukuran.

Saat ini banya jenis triplek yang tersedia di toko bangunan maupun penyedia multiflex furniture. Sangat disayangan jika setelah belanja namun proses cara pengerjaan belum mengetahui sehingga membuat pemotongan triplek tidak rapi. Dalam hal ini dapat menyebabkan saat dipasang atau di hubungkan dengan hasil cutting yang lain tidak simetris.

Baca Juga: Cara Membuat triplek Tahan air sederhana

Cara memotong triplek agar rapi

Cara memotong triplek

Ada banyak alat yang bisa digunkan untuk pproses memotong triplek, namun dalam hal ini bisa disesuaikan dengan ukuran ketebalan dan jenis plywood kalian miliki yang akan dipotog. Misalnya pada kayu lapis berukuran 3mm, mungkin bisa memakai cutter sebagai alat pemotongannya.

Jika caranya tepat, memootong triplek dengan kater justru akan mempercepat dan hasilnya cukup baik dibandingkan memakai gergaji manual. Masih Banyak yang belum mengetahuinya, padahal ini merupakan trik sederhana saat akan membuat setiap potongan triplek.

Bagaimana cara memotong triplek supaya lurus?

Merupakan kesalahan yang bisa terjadi kepada siapa saja ketika belum mengetahui cara tepat ketika akan melakukan pemotongan plywood. Hasil dari potongan bergelombang dan tidak lurus ini akan berakiat cukup fatal.

Hasil memotong yang tidak rapi akan berbuntut terhadap masalah perakitan. Misalnya saat akan membuat kamar set anak, tentu keungkinan setiap sudutnya tidak memiliki siku yang bai karena ditimbulkan oleh permasalahan proses cutting.

Untuk itu, pastikan pertimbangkan kembali dalam setiap proses apapun, termasu cara memotong triplek menggunakan Cutter, Circular saw, gergaji mapun proses tanpa gergaji. Karena proses ini merupakan penentu dari hasilnya, semakin lurus dan siku tentu akan memberikan karya yang baik dan rapi.

Dan sebaliknya ketika proses cutting tidak lurus, maka ini akan menjadi masalah lain yang berujung terhadap kekecewaan. Nah untuk itu, saat belajar dalam proses pemotongan manual dengan gergaji atau alat apapun, kami berharap anda sudah menyediakan Penggaris siku.

Alat Alat yang dibutuhkan saat akan Memotong Triplek

Saat sebelum bekerja dalam bidang apapun, sangat disarankan untuk mempersiapkan terlebih dahulu semuanya. Mulai dari area kerja yang aman, benda kerja hinggga peralatan yang dibutuhkan untuk mempermudah proses pekerjaan.

Ini jarang disadari, proses kerja yang selalu mendadak tanpa persiapan peralatan sering kali membuat waktu yang dibutuhkan menjadi lama. Karena bisa saja waktu akan terbuang untuk melakukan pencarian peralatan, memikirkan alat yang akan digunakan.

Disamping itu, metode potong triplek yang akan dipakai. Mengacu pada proses pemotongan yang akan diterapkan, Umumnya menjadi rujukan utama kebutuhan peralatannya. Berikut beberapa peralatan yang wajib ada saat sebelum proses pemotogan.

1. Meteran.

Alat yang pertama adalah Meteran, kalian harus memilikinya karena semua harus terukur. Meteran berfungsi menemukan titik batas ukuran yang kalian inginkan. Sehingga kita tidak bisa meneba begitu saja dalam menentukan jarak pada saat akan memotong triplek.

2. Pensil

Pensil dipakai sebagai alat menggaris, menandai titik batas pemotongan yang sudah diukur. Ini sangat penting, meskipun terkadang keberadaannya bisa digantikan dengan paku dan sejenisnya, namun tetap direkomendasikan memakai pensil agar batas ukuran mudah terlihat.

3. Penggaris Siku.

Alat selanjutnya adalah penggaris siku, terutama untuk anda yang akan memotong triplek menggunakan Cutter. Setelah ukuran batasnya sudah didapatkan, maka kalian bisa menandai dan menggaris lurus mamakai penggaris siku. Membuat tanda titik potong memakai pensil dengan garis siku.

Biasanya teknik ini digunakan untuk mereka yang akan memotong plywood memakai alat manual, misalnya gergaji, cutter. Sehingga garis batas ini sangat diperlukan supaya hasilnya lurus , rapi dan siku.

4.  Gergaji

Alat selanjutnya adalah gergaji, Kalian bisa memotong triplek dengan gergaji tangan / Manual tetap rapi kok. Namun sebelumnya sudah memastikan jenis gergaji khusus ya. Tidak hanya itu saja, memakai gergaji tangan juga harus dipastikan tajam supaya tidak memberikan hasil potongan mempunyai banyak serabut.

5. Cutter

Alat kelima adalah Cutter, yakni pisau tajam yang bisa dipakai untuk memotong triplek yang berukuran tipis. Selain triplek tebal 3mm, maka tidak direkomendasikan memakai Cutter. 

Kelemahan memakai Cutter , Kalian memerlukan teknik dan ketelitian cara potong triplek lurus secara benar. Biasanya jika belum terbiasa dan belum pernah melihat proses yang pernah dikerjakan oleh orang lain, maka akan kesulitasn.

6. Circular Saw.

Berikutnya adalah Circular Saw, Ini sangat direkomendasikan untuk mereka yang akan mendapatkan hasil lurus dan rapi. Biasanya dipakai oleh para profesional proses jasa interior dalam proses memotong setiap plywood yang dipakai.

Tidak hanya rapi, Gerinda potong atau gergaji potong mesin ini juga dinilai memberikan proses pekerjaan efektif dan efisien. Namun , ini tidak direkomendasikan dipakai oleh mereka yang masih pemula , belajar, pertama kali penggunaan. 

7. Meja Potong

Meja Potong sangat penting dipakai, sebagai alas untuk kegiatan memotong. Meja potong ini juga dibuat secara semi permanen memakai triplek lain sebelum digunaan, yakni nantinya meja ini dipakai untuk alas , Menempelkan Circular Saw, menggaris dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara membuat Kitchen set Sendiri memakai Triplek

Cara Potong Triplek agar Rapi.

Anda bisa mempersiapkan semua alat dan bahan yang akan dibutuhkan. Tidak harus semua pisau potong harus ada , ini sifatnya opsional dan jangan paksakan untuk membelinya jika belum ada. Misalnya jika hanya ada gergaji manual, ya sudah,.. namun pastikan memiliki ketajaman yang bai.

Atau Apabila ukuran triplek yang akan dipotong adalah 3mm , Maka anda bisa memanfaatkan Cutter. Namun, tetap pertimbangkan untuk selalu melakukan pekerjaan aman dan nyaman.

#1. Memotong triplek dengan cutter

  • Yang pertama silahkan Siapkan Triplek
  • Ukur Sesuai kebutuhan bedasarkan panjang dan lebar yang akan dipotong memakai meteran.
  • Ambil tarikan Garis lurus memakai Pensil dan siku sebagai tanda titik potong yang ditentukan.
  • Gunakan Pembatas Kayu Lurus sebagai jalur tarikan Cutter, Luruskan dengan garis pensil yang sudah anda tandai.
  • Pendekan Cutter, Lalu Mulai tekan Seckupnya tetapkan sesuai garis batas pemotongan dan tarik.
  • Berikutnya, Ulangi memotong perlahan memakai cutter hingga memiliki kedalaman 50%. Kalian tidak perlu memotong langsung memakai cutter hingga putus.
  • Setelah Triplek di garis memakaui cutter, Berikutnya lipat teriplek dengan titik beban diarea potong. Maka akan patah lurus sesuai garis pemotongan yang sudah anda buat.
  • Selesai, dan Ampelas untuk rapikan potongan.
Harap lakukan dengan hati-hati, jangan mengeluarkan cutter terlalu panjang karena bisa berakibat patah dan mengenai tangan.  Itulah cara pertama tanpa gergaji dalam proses memotong triplek yang bisa anda lakukan.

#2. Cara potong triplek Dengan gergaji.

  • Siapkan Penggaris lakban kertas, siku, meteran, pensil dan gergaji khsusus triplek.
  • Tentukan ukuran atau batas ukuran triplek yang akan dipotong.
  • Kemudian, buat tanda ukuran memakai pensil secara berlawanan melintang sesuai titik temu potongan.
  • Kemudian tutup Batas tanda yang sudah anda tetukan memakai pensil tadi menggunakan Lakban kertas.
  • Jika sudah tertutup, Ukur kembali memakai meteran dan tandai ulang memakai Pensi diatas lakban kertas.
  • Buat garis lurus diatas lakban kertas sesuai dengan titik potong yang sudah ditentukan. Gunakan Penggaris siku supaya hasilnya bisa dirakit dengan sempurna.
  • Tahap Akhir, Potong memakai gergaji garis tersebut yang berada di atas lakban kertas hingga selesai.
  • Setelah selesai, Silahkan kupas lakban kertas dan buang. Maka hasil pemotongan akan rapi
Mengapa harus memakai lakban kertas? Hal Ini untuk menekan kemungkina kerusakan yang terjadi akibat tarikan dari gergaji

#3. Cara memotong triplek dengan circular saw

Kami tidak mereomendasikan memotong triplek dengan gerinda, karena batu gerinda tangan yang digunakan harus memakai pisau yang khusus potong kayu. Untuk itu, jika memungkinkan bisa memakai Circular Sam, yakni gergaji tangan khusus memotong kayu maupun triplek.

Cara pakainya Mudah, kalian bisa mempelajari terlebih dahulu cara mematikan dan mengaktifkannya. Atau Bisa menempelkan di bagian bawah meja potong , sehingga anda cukup menentukan batas pemotongan dan mendorongnya hingga selesai.

Mekanismenya:

  • Buat titik pemotongan memakai Meteran dan tandai memakai pensil.
  • Berikutnya setel meja potong menyesuaikan dengan lebar yang anda inginkan.
  • Nyalakan Circular saw yang sudah menempel ke meja.
  • Pasang triplek yang akan dipotong, kemudian dorong ke pisau Circular Saw hingga selesai.

Itulah penjelasan sederhana tentang cara Memotong triplek, pastikan mempelajarinya dan membacanya dengan cermat hingga mempertimbangkan setiap potensi bahaya terjadi. Pastikan memakai APD (Alat pelindung diri ) dalam setiap pekerjaan, sarung tangan, Kaca mata, Sepatu, masker dan penutup kepala.

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to erainterior@gmail.com

Support Era Interior CS 1
6283837068818
Sales Era Interior CS 2
6283894289416
Call us to +626283894289416 from 0:00hs a 24:00hs
Apa Rencana Anda?
×
Chat