MGZ4NGR5NaN4NWBaMaB9MWV6MncsynIkynwbzD1c

Bahan dan Cara membuat Lemari pakai triplek

BLANTERLANDINGv101
5091283390637644176

Bahan dan Cara membuat Lemari pakai triplek

Jumat, 19 Agustus 2022
Konten [Tampil]

 Cara membuat lemari pakai triplek dan HPL : Saat ini banyak penggunaan triplek sebagai bahan interior yang memiliki nilai ekonomis.  Namun dalam hal ini pastikan anda memilih jenis triplek yang tepat untuk pembuatan lemari dan lapisan hpl agar hasilnya sesuai dengan keinginan.

Ada beberapa kesalahan memilih bahan, biasanya orang awam mengira semua triplek sama saja. Tetapi pada kenyata'an nya jenis triplek umumnya ada dua, yakni khusus interior dan yang kedua biasa dipakai sebagai bahan bangunan / pengganti papan cor.

Cara membuat lemari triplek dan HPL

Lemari adalah salah satu komponen interior rumah yang sangat penting. Baik itu lemari pakaian, lemari gantung kitchen set, lemari bawah tangga dan lain sebagainya.

Dalam hal ini memiliki lemari pakaian, baik beli atau dengan cara membuatnya Menjadi kebutuhan didalam rumah tidak bisa ditawar. Berfungsi untuk meletakkan pakaian jadi rapi atau barang lainnya yang dianggap penting dan harus disimpan dengan benar.

Umumnya lemari pakaian terbai menjadi tiga bahan utama, yakni memakai kayu solid, lemari plastik, dan lemari triplek atau kayu olahan lain.
Dan kabar baiknya anda bisa mencoba membuat lemari pakaian dengan multiflex sendiri, tetunya harus didasari dengan pengetahuan langkah dan bahan yang dibutuhkan saat akan buat lemari pakaian.

Keputusan membuat sendiri memang dianggap akan menghemat uang, tetapi tidak jarang juga mereka gagal dalam pembuata'an nya. Nah, disinilah erainterior.com memberikan solusi sebagai jasa interior dan eksterior. Kami memberikan layanan terbaik, didukung dengan tenaga ahli yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan segala keperluan interior.

Tetapi, apabila anda akan mencoba membuat sendiri maka harus mempersiapkan berbagai hal terkait dengan bahan pembuatan lemari triplek dan perlengkapan alat yang dibutuhkan.

Persiapan alat dan bahan membuat lemari triplek.

Bahan membuat Lemari triplek sendiri


Saya akan membagi dua hal, yakni segi peralatan yang dibutuhkan saat anda mencoba untuk proses bikin lemari triplek. Ya, sehingga anda perlu mempertimbangkan kembali setiap alat dipastikan sudah lengkap.

Bahan bahan membuat lemari HPL

Baca juga: 6 Jenis engsel Furniture yang biasa digunakan

Peralatan membuat lemari triplek sendiri

  • Gergaji tangan atau gergaji bundar
  • Ditambah obeng atau bor listrik
  • Palu
  • Penggaris siku
  • Pensil kayu
  • Meteren / alat ukur.

Sebaiknya gunakan gergaji listrik / Gergaji meja supaya menghasilkan potongan lurus dan siku.  Karena pada saat pembuatan lemari triplek HPL pada proses intinnya yakni terdapat pada akurasi pemotongan setiap bagian.

Saat hasil potongan tidak lurus atau tidak siku maka ini akan berakhir dengan lemari triplek yang kurang menarik.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat lemari triplek.

Proses membuat lemari triplek sendiri

Tentunya bahan untuk membuat lemari triplek ini sifatnya flexibel, karena dapat disesuaikan dengan ukuran dan jenis lemari yang akan anda buatt. Misalnya, apabila rencana membuat lemari pakaian dengan konsep sliding, maka tidak memerlukan adanya engsel sendok.

Dan Sebaliknya, jika anda akan memakai ukuran tebal triplek beberbeda , bisa saja maka harus dilakukan proses double terlebih dahulu.

  • Multipleks 18mm 3 lembar
  • Kayu lapis 6 mm 1 lembar
  • HPL atau Decosit atau Melamine atau Sungkai (tergantung pada rencana akhir)
  • Lem kuning
  • Lem putih
  • Sekrup ukuran 5/8 inci dan 3 cm.
  • Engsel sendok / engsel kupu-kupu / Rel Sliding
  • Strip laci 

Baca juga: Mengenal Jenis triplek untuk pembuatan Interior

Langkah-langkah membuat lemari pakaian


Siapkan bahan multipleks untuk membuat komponen lemari samping yang akan dipotong dengan ukura 60cm x 200cm sebanyak jumlah 3 buah untuk lemari pakaian 2 pintu.

Dan ukuran tersebut yakni Untuk sisi kiri dan kanan 1 untuk tengah. Perlu dicatat bahwa ketinggian bagian tengah berkurang 15 cm, di bagian bawah lemari pakaian. Artinya akan ada dua bagian berukuran 60cm X200cm (2 Lembar) dan ukuran 60cm X 190cm 1 lembar.

Tahap brikutnya membuat bagian atas dan bawah, yakni lebar 60cm dan panjang 120cm. Kebutuhannya karena untuk atas dan bawah maka 2 Buah. untuk bagian bawah anda bisa mengurangi panjangnya kurang lebih 4 cm

Selanjutnya anda perlu buat juga komponen untuk rak lemari , yakni sebagai partisi dan jumlahnya sesuai dengan keinginan.
Setelah itu anda bisa merakitnya terlebih dahulu dengan menggunakan lem dan di sekrup dengan mengunakan mesin bor agar lebih mudah dan cepat.
Setelah itu tutup bagian belakang lemari dengan menggunakan triplek 4 mm di lem dan di paku.

Bila semuanya sudah di rakit lalu kita membuat komponen untuk bagian pintu, ukur sesui ukurannya lalu pasang pintu tersebut. Anda bisa menambahkan sedikit ornamen pada pintu lemari dengan sebuah cermin. Pasang juga komponen lainnya seperti pegangan pintu dan kunci. 

Setidaknya itulah gambaran sederhana saat anda aan membuat lemari memakai triplek minimalis sendiri. Memerlukan keahlian dalam penggunaan alat, ketelitian , dan pengerjaan yang sempurna.

Baca Juga:  Jenis - jenis HPL dan Harganya

Jika memiliki kesulitan dan memerlukan jasa HPL, Ya era interior siap untuk mengerjakan dan melakukan berbagai kebutuhan furniture dan ekterior hunian anda.

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to erainterior@gmail.com

Support Era Interior CS 1
6283837068818
Sales Era Interior CS 2
6283894289416
Call us to +626283894289416 from 0:00hs a 24:00hs
Apa Rencana Anda?
×
Chat