MGZ4NGR5NaN4NWBaMaB9MWV6MncsynIkynwbzD1c

Mengenal Jenis Triplek Untuk Interior

BLANTERLANDINGv101
5091283390637644176

Mengenal Jenis Triplek Untuk Interior

Senin, 01 Agustus 2022
Konten [Tampil]

Jenis Jenis Triplek - Sebelum membuat interior pada rumah idaman anda , sudah seharusnya anda mengetahui bahan apa yang akan dipakai. Banyak jenis yang dapat  dipakai, misalnya kayu solid , aluminium, hingga triplek untuk interior anda.

Pada pembahasan kali ini saya akan membahas beberapa jenis triplek yang bisa dipakai membuat interior. Kitchen set, partisi, bedroom set dan lain sebagainya.

Penggunaan triplek untuk merancang interior dinilai lebih ekonomis dibandingkan memakai kayu solid. Itulah salah satu alasan kini triplek terbilang lebih laris dipasaran. Namun , tahukah anda bahwa terdapat berbagai jenis triplek untuk interior?

Mari kita bahas lebih lengkap.

Bahan Triplek Untuk Interior

Peranan triplek sangat banyak sekali dalam penggunaan bahan bangunan. Tidak hanya untuk desain interior saja, triplek juga bisa digunakan dalam banyak hal. Proses pengerjaannya sangat cepat dibandingkan pakai kayu solid, pasalnya triplek sudah tersedia dalam berbagai ukuran ketebalan.

Triplex biasanya terdiri dari dua jenis, yakni triplek furniture dan triplek bangunan. Cara membedakan antar keduannya sangat mudah, yakni terlihat dari permukaannya.

Triplek bangunan biasanya dipakai untuk proses penyangga pengecoran, memiliki teksture permukaan lebih kasar. Dan sebaliknya apabila yang biasa dipakai untuk furniture umumnya memiliki permukaan halus, bahkan tersedia yang sudah memiliki lapisan halus berwarna putih, coklat dan lain sebagainya.

Harga triplek furniture memang lebih mahal, ya ini sebanding dengan kualitas dan jenisnya. Sehingga jangan sampai salah ketika akan membuat kitchen set atau lemari HPL, pastikan memakai multiflek.

Triplek juga dikenal dengan nama lain Plywood, yakni papan kayu yang terbuat dari bahan dasar kayu asli. Memiliki struktur berlapis, mempunyai berbagai ketebalan mulai dari 3mm, 6mm, 9mm, hingga 18mm.

Selain kuat, triplek juga menjadi pilihan penggunaan karena dianggap sangat flexibel sehingga mudah untuk dibentuk dan menghasilkan produk berkualitas rapi.

Proses pembuatan triplek secara umum dibentuk melalui lembaran kayu tipis atau veneer, direkatkan dan di press bersamaan lem dengan pengaturan seraat kayu agar hasilnya kuat. Struktur pemasangan lapisan veneer pembuatan triplek biasanya bersilangan 90 Derajat bertumpuk. 

Baca juga: Jenis Engsel Interior

 Pemanfaatan Triplek untuk Interior

Jenis Triplek Untuk Interior

Triplek bahan bangunan sangat ekonomis dan fleksibel untuk berbagai kebutuhan bangunan. Yakni untuk pembuatan dinding partisi, plafon, penyangga pengecoran, maupun berbagai implementasi lain.

Sehingga dalam hal ini triplek berfungsi untuk interior maupun keperluan lain yang bersangkutan dengan pembangunan rumah, gedung, apartemen dan lain sebagainya. Berikut beberapa manfaat triplek untuk interioor.

  1. Membuat bedroom Set, yakni ditangan para ahli tukang desain interior triplek dapat menjadi produk mewah seperti bedroom set. Semua pernak perniknya sangat anggun dan elegan dipoles pelapisan HPL sesuai keinginan pemilik rumah atau Hotel.
  2. Meja resepsionis, Manfaat lainnya juga memanfaatkan multifek untuk membuat meja resepsionis perusaahan. Yakni mulai dari pengukuran, penyesuaian model, hingga pengerjaan menghasilkan produk berbeda dengan lainnya.
  3. Membuat Lemari HPL, Sudah tidak diragukan lagi. Memakai triplek anda bisa mulai membuat sketsa lemari elegan dan mantap.
  4. Untuk membuat Kitchen set, Sama dengan berbagai keperluan interior lain. Triplek juga bisa dibuat menjadi perangkat lemari dapur keren.
  5. Semua Interior, Pada prinsipnya pemanfaatkan triplek ini sangat luas. Yakni untuk berbagai kebutuhan interior rumahm, hotel, apartemen, dan lain sebagainya.
Itulah lima contoh gambaran sederhana fungsi triplek untuk interior, Pastikan anda telah menggunakan tenaga ahli yang sudah biasa mengerjakan projcet tersebut agar hasilnya kuat dan rapi.

Bahkan beberapa pengguna juga lebih nyaman penggunaan triplek sebagai partisi ruangan , membuat tembok, membuat pinti dan lain sebagainya. Sehingga sudah tidak diragukan lagi kegunaan dari triplek ini.

Namun bagaimana agar bisa menentukan triplek interior atau jenis untuk pengecoran?

Baca Juga: Bahan Membuat Top Table Kitchen Set

Jenis-jenis Triplek Sesuai Kualitasnya.

Dan mari kita bahas lebih dalam terkait dengan jenis-jenisnya. Mungkin saat ini anda bingung triplek yang ada ditoko bangunan atau di toko material penyedia bahan interior terlihat berbeda.

Tentu saja, ada beberapa perbedaan dan peruntukan papan ini, sehingga anda harus menentapkan yang paling tepat sesuai keperluan. Berikut berbagai jenis Plywood sesuai dengan kualitas.

Triplek Grade D. Adalah jenis yang memiliki kualitas terendah yakni dengan permukaan kasar biasanya dipakai untuk pengganti kayu solid papan pengecoran. Jika untuk keperluan interior, biasanya memakai triplek ini hanya untuk panel dalam saja , yakni bagian luarnya akan diapit memakai jenis lain lebih berkualitas.

Triplek Grade C. Sedangkan tingkatan lebih tinggi kualitasnya ada dari papan triplek dengan Grade C yakni biasanya secara tekstur dan permukaan tampak lebih baik.

Triplek Grade B, Yakni biasanya ciri-cirinya mempunyai permukaan keras dan solid lebih rapi dari grade C.

Triplek Grade A, Yakni tingkatan kualitas terbaik dengan permukaan papan lebih lembut dari lainnya. Sangat cocok dipakai untuk proses membuat meja, partisi, lemari dan interior lain.

Tidak hanya dari grade saja, setiap jenisnya memiliki ciri masing masing.  Urat kayu serta lapisan Veneer yang terpasang menjadi triplek ada yang lebih tebal dan tipis sehingga menjadikan setiap bagian jenisnya menentukan kualitas.

Tidak hanya itu, triplek juga terdapat varian yang sudah dilengkapi pelapisan. Untuk lebih jelasnya bisa diperhatikan variannya sebagai berikut.

1. Triplek Melaminto

Triplek Melaminto

Papan jenis melaminto adalah rekomendasi yang sering dipakai untuk berbagai pembuatan interior. Penamaan lainnya juga disebut sebagai decorative plywood.  Dalam penggunaan material plywood ini permukaan salah satunya tidak memerlukan proses Finishing Duco, HPL, karena sudah dilapisi Melanin dan Polyester sehingga tampak mulus.

Harga Triplek Melaminto tentunya lebih mahal dari lainnya sesuai dengan ketentuan tabal.

2. MDF (Medium Density Fiberboard)

Triplek MDF

Kemudian pada bahan papan kedua biasa dikenal dengan MDF atau kepanjangan dari Medium Density Fiberboard. Merupakan papan dari Bahan kayu serbuk menggunakan teknologi proses pabrikasi berbahan dasar hasil campuran serat kayu lunak dan keras yang direkatkan memakai lem.

MDF juga sangat direkomendasikan untuk anda dalam membuat furnitur, hasilnya keren, rapi dan mudah dalam perlakuan finishing. Tetapi sayangnya dari sisi kualitas pada papan ini tidak tahan terhadap lembab atau air.

3. Taek blok (Tikblok)

Tikblok

Jenis lainnya adalah taekblok merupakan sebutan triplek Jenis yang terbuat dari papan kayu jati yang ditumpuk satu sama lain.

Bahan dasar memakai kayu jati, dikenal kuat dan tahan rayap. Sedangkan harga Papan triplek kayu jati memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan lainnya. 
Papan Kayu dari balok jati sering digunakan sebagai lapisan papan kayu karena tingkat ketahananya sangat baik terhadap benturan maupun perubahan kondisi cuaca. 

4. Triplex WPC (Komposit Plastik Kayu).

Triplek WPC

Varian lainnya disebut dengan nama WPC adalah panel yang memiliki kelebihan dari komposit kayu yang mampu menahan benturan.

Keunggulan lainnya adalah ketahanan terhadap air sehingga banyak dipakai pada area lembab. Tidak hanya itu, jenis ini juga mudah dalam proses finishing.

5. Blok partikel

triplek jenis Blok partikel

Jenis berikutnya merupakan papan dengan Partikel blok merupakan jenis material yang memiliki harga yang murah dan permintaan yang tinggi. Rak kayu ini terbuat dari beberapa potongan kayu yang telah dibentuk menjadi papan. 

Padahal, dengan harga yang murah, papan kayu ini tidak direkomendasikan untuk dijadikan bahan utama bangunan, karena mudah terkena air dan bisa membusuk jika terkena kelembapan yang tinggi.

6. Meranti Lath atau kayu lapis

Blok Board triplek Meranti

Yakni dikenal juga dengan triplek meranti yang juga memiliki kualitas baik karena terbuat dari 3 jenis kayu berbeda.

Secra penempatan Lapisan luar reng cukup tipis, tetapi pada bagian dalam ditopang oleh kayu akasia kuat dan kokoh untuk berbagai keperluan.

7. Multipleks

Multiflek

Panel kayu multipleks terbuat dari lapisan kayu yang ditekan dengan mesin modern bertekanan tinggi sehingga teksturnya kokoh dan kuat. 

Kayu multipleks juga memiliki pori-pori kecil dan tertanam dalam kayu lapis yang tahan air sehingga cukup baik dipakai untuk berbagai keperluan interior.

Ukuran Standar papan triplek dan Kelebihan kekurangannya

Pembahasan berikutnya adalah kelebihan dan kekurangan triplek untuk berbagai penggunaan termasuk desain interior.
Misalnya  kita soroti dari sudut pandang kekurangan. Triplek jenis apapun saya kira tidak cocok untuk pemakaian pembuatan furniture ekterior, maka dari itu lebih direkomendasikan untuk interior saja.

Tidak dipungkiri ,hampir semua jenisnya tidak memiliki ketahanan terhadap air yang baik seperti jenis kayu solid. Mempunyai resistensi tinggi terhadap perubahan cuaca, jadi pikirkan kembali ketika akan membuatnya pada luar rumah.

Proses pemilihan jenis triplek menjadi hal penting, karena ini akan mempengaruhi terhadap hasil akhir. Sedangan dari sisi kelebihan, tentu lebih ekonomis dibandingkan kayu solid, proses pengerjaan mudah dan cepat.
Triplek dibuat melalui proses pabrikasi, sehingga mempunyai ukuran (PXL) Standar yakni 2400mmX1120mm.

Sedankan ketebalannya mulai dari paling tipis 3mm dan paling tebal 32mm yang bisa menjadi pilihan anda sesuai kebutuhan,

Itulah pembahasan singkat sederhana mengenai jenis triplek Interior. Semuanya dapat diperkuat dan perindah memakai lapisan finishing duco,HPL dan Melamin. Pastikan anda memilih jasa desain interior yang tepat agar mendapat kualitas dan hasil Optimal.
BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to erainterior@gmail.com

Support Era Interior CS 1
6283837068818
Sales Era Interior CS 2
6283894289416
Call us to +626283894289416 from 0:00hs a 24:00hs
Apa Rencana Anda?
×
Chat