MGZ4NGR5NaN4NWBaMaB9MWV6MncsynIkynwbzD1c

Cara menentukan ukuran kitchen set yang tepat untuk dapur

BLANTERLANDINGv101
5091283390637644176

Cara menentukan ukuran kitchen set yang tepat untuk dapur

Jumat, 27 Januari 2023
Konten [Tampil]

Cara menentukan ukuran kitchen set

Dalam menata dapur menjadi lebih menarik dan nyaman untuk digunakan, kalian harus bisa menentukan ukuran kitchen set yang tepat. Untuk menentukan ukuran kitchen set yang tepat untuk dapur, pertama-tama harus mengukur luas dapur sesuai dengan aslinya.

Ukuran kitchen set harus sesuai dengan luas dapur dan juga harus memenuhi kebutuhan untuk menunjang aktifitas menjadi lebih mudah dan nyaman. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan ukuran kitchen set antara lain:

1. Memastikan Ukuran dapur

Ukuran dapur bervariasi tergantung pada jenis rumah dan desain yang digunakan. Beberapa dapur mungkin sangat kecil dan hanya memiliki satu unit peralatan masak, sementara yang lain mungkin sangat besar dengan banyak peralatan masak, penyimpanan, dan tempat duduk. Dalam hal ini, beberapa ukuran dapur yang umum adalah:

Dapur kecil > Ukuran dapur kecil biasanya antara 3-6 meter persegi. Dapur ini cukup untuk memasak makanan sederhana dan memiliki sedikit tempat penyimpanan.

Dapur sedang > Ukuran dapur sedang biasanya antara 6-12 meter persegi. Dapur ini cukup besar untuk memasak makanan yang lebih kompleks dan memiliki cukup tempat penyimpanan.

Dapur besar > Ukuran dapur besar biasanya lebih dari 12 meter persegi. Dapur ini sangat luas dan memiliki banyak peralatan masak, penyimpanan, dan tempat duduk.

Itu hanya beberapa ukuran dapur yang umum, tetapi ukuran dapur dapat berbeda-beda sesuai dengan desain rumah dan kebutuhan pemilik rumah. Jadi, penting untuk mengukur ukuran dapur Anda sebelum membeli kitchen set, agar dapat menyesuaikan ukuran kitchen set yang sesuai dengan dapur Anda.

Baca Juga: Perbedaan dapur Basah dan Dapur kering

2. Mempertimbangkan Kebutuhan

Kebutuhan kitchen set bervariasi tergantung pada jenis dan konsep hunian dimiliki, jumlah orang dalam keluarga, dan gaya hidup. Beberapa kebutuhan yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kitchen set adalah:

  • Peralatan masak >  Pertimbangkan jenis peralatan masak yang dibutuhkan seperti oven, kompor, microwave, dll.
  • Penyimpanan >  Pertimbangkan jumlah penyimpanan yang diperlukan untuk memasukkan peralatan masak, makanan, dan bahan masakan, supaya mendapatkan ukuran kithcen set ideal.
  • Tempat duduk> Pertimbangkan menambah dan jumlah tempat duduk yang diperlukan untuk keluarga atau tamu yang mungkin akan makan bersama.
  • Desain >  Pertimbangkan desain kitchen set yang cocok dengan gaya dapur dan rumah.
  • Fitur tambahan >  Pertimbangkan fitur tambahan seperti pembuangan limbah, pendingin air, dll.
  • Budget > Mempertimbangkan berapa banyak yang ingin atau mampu untuk mengeluarkan untuk kitchen set.

Setelah menentukan kebutuhan dari dapur, Maka kalian dapat mencari jasa pembuat kitchen set yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

3. Mempertimbangkan Aksesibilitas

Tidak hanya memikirkan dari ukuran saja, aspek penting lainnya adalah Aksesibilitas dapur. Kemudahan akses yang dimiliki dalam menggunakan peralatan masak, menyimpan bahan masakan, dan melakukan tugas-tugas lain dalam dapur. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam meningkatkan aksesibilitas dapur adalah:

Posisi peralatan masak > Konsep dan ukuran Kitchen set menjadi penting karena akan menentukan Posisi peralatan masak seperti oven, kompor, dll harus mudah dijangkau dan digunakan.

Penyimpanan >  Peralatan masak dan bahan masakan harus mudah dijangkau dan disimpan, sehingga tidak harus menjangkau atau berdiri di atas kaki untuk mencapainya.

Tempat duduk >  Tempat duduk harus mudah dijangkau dan digunakan, sehingga Anda dapat beristirahat sambil memasak.

Penerangan > Disisi lain pikirkan juga terkait dengan penerangan. Komposisi harus cukup untuk melihat dengan jelas saat melakukan tugas-tugas dapur.

Keterbukaan >  Dapur harus terbuka dan tidak terlalu sempit dipenuhi dengan kitchen set, sehingga kalian dapat bebas bergerak dan melakukan tugas-tugas dengan mudah.

Aksesibilitas khusus > Jika Anda memiliki kebutuhan khusus, seperti masalah penglihatan atau mobilitas, pertimbangkan untuk menambahkan fitur khusus seperti tombol rias atau lemari dapur yang dapat diatur tinggi.

Dengan meningkatkan aksesibilitas dapur, Anda akan dapat melakukan tugas-tugas dapur dengan lebih nyaman dan efisien. Jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan ukuran dapur Anda dan kebutuhan kitchen set Anda saat membeli atau merenovasi dapur.

Baca Juga: Pilihan Ide Ukuran dapur Rumah

4. Desain dan Budget

Mempertimbangkan desain dan ukuran kitchen set sangat penting dalam membuat dapur yang nyaman, estetis, dan efisien. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam desain dan ukuran kitchen set adalah:

Dimensi  > Ukuran dapur harus dipertimbangkan dengan baik saat membuat desain kitchen set. Kitchen set harus sesuai dengan ukuran dapur rumah agar tidak terlalu sempit atau terlalu besar.

Menyesuaikan Kebutuhan >  Pertimbangkan berdasarkan kebutuhan saat membuat desain kitchen set. Peralatan masak yang akan dibuat harus mudah dijangkau dan disimpan.

Memikirikan Aksesibilitas >  Aksesibilitas dapur harus point penting ketika akan membuat desain kitchen set. 

Gaya dan konsep dapur > Pilih gaya kitchen set menyesuaikan dengan gaya rumah dan selera agar nyaman.

Pemilihan Warna >  Pilih warna yang sesuai dengan gaya rumah dan penggunaan material yang tepat dengan gaya rumah .

Budget > Pertimbangkan berapa banyak budgetnya ingin atau mampu untuk mengeluarkan untuk kitchen set.

Konsep > Pertimbangkan konsep dapur diinginkan, apakah dapur terbuka, semi terbuka atau tertutup.

Flow > Pertimbangkan alur kerja dapur, dari penyimpanan bahan makanan, persiapan bahan, proses masak, dan pembersihan.

Mempertimbangkan desain dan ukuran kitchen set yang tepat akan membuat dapur lebih nyaman, estetis, dan efisien. 

Jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan ukuran dapur kebutuhan kitchen set , aksesibilitas dapur , gaya, warna, material, budget dan konsep yang diinginkan saat membuat desain kitchen set.

Setelah mempertimbangkan semua faktor tersebut, kalian dapat membuat sketsa dapur dan kitchen set yang diinginkan, lalu mengukur dan memastikan ukuran yang tepat. Anda juga dapat mencari rekomendasi dari profesional atau berkonsultasi dengan pemasok kitchen set untuk memastikan ukurannya.

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to erainterior@gmail.com

Support Era Interior CS 1
6283837068818
Sales Era Interior CS 2
6283894289416
Call us to +626283894289416 from 0:00hs a 24:00hs
Apa Rencana Anda?
×
Chat