MGZ4NGR5NaN4NWBaMaB9MWV6MncsynIkynwbzD1c

Jenis Serat karpet lantai Rumah indor dan Outdor

BLANTERLANDINGv101
5091283390637644176

Jenis Serat karpet lantai Rumah indor dan Outdor

Minggu, 01 Januari 2023
Konten [Tampil]
Jenis karpet lantai sangat beragam yang bisa kalian pilih sesuai dengan bahan pembuatannya dan motif tersedia. Secara umum biasanya harga menyesuaikan dengan kualitas, ini menjadi salah satu rahasia umum.

Dengan memakai karpet , selain menampilkan suasana lebih hangat dan memiliki estetik yang tinggi juga mempunyai cukup banyak kelebihan. Karpet  tentu libih hangat dan tidak licin dibandingkan lantai keramik.

Sebagian besar hunian rumah memiliki karpet, menerapkan di beberapa titik, Misalnya khusus kamar tidur, area dapur, ruang keluarga dan lain sebagainya. Ini tidak bisa kita paksa memakai jenis yang sama, pasalnya pada setiap karpet mempunyai kelebihan dan kekurangan asing masing.

Penempatan pada ruang tamu, rang keluarga, ruang makan, ruangan kerja , basement, dan area lain pastikan sudah mengetahui jenis yang tepat. Sehingga dalam hal ini pemilihannya tidak hanya mengacu terhadap motifnya saja, kalian harus memahami bahan dasarnya beserta perutukannya.

Ruangan mana yang akan dipasangkan, nah berikut berbagai jenis serta kelebihan dan kekurangannya untuk membantu anda dalam menentukan jenis maupun peruntukan.

Jenis Jenis karpet lantai rumah untuk indor dan outdor

Terdapat cukup banyak jenis karpet yang dapat dipasang pada kamar tidur, luar ruangan hingga yang cocok untuk area lalulalang keluarga.

Kami akan menjelaskan beberapa jenis sesuai dengan bahan dasarnya, sehingga ini bukan mengacu terhadap motifnya. Biasanya motifnya juga beragam, dapat disesuaikan dengan keinginan sesuai yang tersedia.

Pastikan sebelum membeli, kalian sudah memahami peruntukannya. Untuk ruangan atau diluar ruangan yang akan tersengat matahari langsung. Setiap bahan karpet memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Ada beberapa jenis serat karpet yang biasa digunakan, di antaranya:

1. Karpet Bahan Nylon

Karpet Nylon

Serat karpet nylon adalah salah satu jenis serat sintetis yang paling umum digunakan. Kelebihan utama adalah memiliki kekuatannya tinggi, sehingga tahan lama dan tidak mudah rusak. 

Jenis ini juga tahan terhadap goresan dan tusukan, sehingga cocok untuk area yang sering digunakan atau dijalani banyak orang. 

Selain itu mudah dibersihkan dan tidak mudah mengembang ketika terkena air, sehingga cocok untuk area basah seperti kamar mandi atau dapur. 

Harganya sedikit mahal dibandingkan jenis serat lainnya namun masih lebih murah dibandingkan dengan woll.

Dengan penggunaan dan perawatan yang tepat, maka bisa bertahan hingga lebih dari 10th. Selain awet, jenis ini juga memilii beragam kelebihan seperti:
  • Lentur  dan tahan terhadap noda serta abrasi.
  • Memiliki banyak jenis konstruksi, dekorasi, bertekstur, shag, loop, cut dan lain sebagainya.
  • Penggnunaan cocok diberbagai area rumah.

2. Karpet bahan Olefin Polypropylene

Karpet Olefin

Polypropylene adalah serat sintetis sangat tahan terhadap air serta mudah dibersihkan. Karpet yang terbuat dari serat ini cocok untuk area yang sering terkena air, seperti kamar mandi atau dapur. 

Selain itu, karpet dengan polypropylene juga tahan terhadap goresan dan tidak mudah rusak, sehingga cocok untuk area yang sering digunakan atau dijalani banyak orang. 

Namun, tekksturnya agak kurang lembut dibandingkan serat wol atau nylon, mungkin tidak cocok untuk area yang banyak digunakan untuk duduk atau tidur.

Karpet ini Olefin polypropylene banyak diaplikasikan untuk luar ruangan atau didala rumah untuk menjaga kelembaban. 

Gunakan warna yang sesuai untuk jenis ruangan anda baik interiod dan eksterior. Seperti halnya jenis lainnya, jenis ini tentu tersedia dalam berbagai warna dan motifnya yang bisa disesuaikan.

Kelebihan karpet ini diantaranya adalah, Bisa diaplikasikan untuk indor dan outdor,tahan terhadap noda, kuat pada area kelebaban, tahan terhdap minyak sehingga mudah kotor namun mudah dibersihakan.

Tetapi disisi lain jenis ini rentan terbakar terhadap api dan meleleh

3. Karpet bahan Wool 

Karpet Woll

Wool atau serat wol adalah serat alami yang diperoleh dari bulu domba atau kambing. Serat ini dianggap salah satu yang terbaik untuk karpet karena memiliki sifat yang sangat baik, seperti:
  1. Lembut: serat wol memiliki sifat yang lembut dan nyaman di bawah kaki, sehingga cocok untuk area yang banyak digunakan untuk duduk atau tidur.
  2. Hangat: serat wol memiliki sifat yang hangat, sehingga cocok untuk digunakan di rumah-rumah yang memiliki suhu udara yang rendah.
  3. Tahan lama: serat wol tahan lama dan tidak mudah rusak, sehingga karpet yang terbuat dari serat ini akan tahan lama pemakaian.
  4. Menyerap kelembapan: serat wol dapat menyerap kelembapan sehingga tidak mudah licin ketika basah.

Namun, karpet wol juga agak mahal dibandingkan serat sintetis lainnya, dan mungkin agak sulit dibersihkan jika terkena noda yang sulit dihilangkan.

Karpet woll adalah karpet yang terbuat dari serat alami bernama wol. Karpet ini memiliki sifat yang sangat baik, seperti lembut, hangat, tahan lama, dan mampu menyerap kelembapan. 

Karpet woll cocok untuk digunakan di area yang banyak digunakan untuk duduk atau tidur, serta di rumah-rumah yang memiliki suhu udara yang rendah. 

Namun, karpet woll juga agak mahal dibandingkan karpet yang terbuat dari serat sintetis lainnya, dan mungkin agak sulit dibersihkan jika terkena noda yang sulit dihilangkan.

4. Kapet lantai Polyester 

Karpet rumah poliester

Banyak jenis karpet yang dapat digunakan untuk mempercantik rumah anda dengan karpet lantai berkualitas. Berbagai motif yang bisa disesuaikan dengan warna interior rumah memakai karpet jenis polyester.

Polyester cukup banyak digunakan karena memiliki kualitas dan warna menarik mampu tahan lama yang dikena dengan nama PET yang terbuat dari botol plastik yang didaur ulang.

Polyester adalah serat sintetis yang lembut, tahan lama, dan mudah dibersihkan. Karpet yang terbuat dari serat polyester cocok untuk area yang sering digunakan atau dijalani banyak orang, karena tahan terhadap goresan dan tidak mudah rusak. 

Selain itu, jenis ini juga tidak mudah mengembang ketika terkena air, sehingga cocok untuk area basah seperti kamar mandi atau dapur. 

Namun, penggunaan karpet rumah mungkin kurang hangat dibandingkan serat wol, sehingga mungkin tidak cocok untuk digunakan di rumah-rumah yang memiliki suhu udara yang rendah.

Banyak kelebian jenis karpet rumah ini , cocok diapliasikan pada ruang bermain maupun kamar tidur. Selain itu mudah dirawat dan tidak mudah melengkung, tidak rentan reaksi alergi dan iritasi , tahan terhadap noda dan cenderung akan rata karena berat serta coco untuk area lalu lalang dalam rumah.

5. Karpet lantai Acrylic

karpet lantai acrilyc


Acrylic adalah serat sintetis yang mirip dengan serat wol, tetapi lebih murah dan mudah dibersihkan. Karpet yang terbuat dari serat acrylic cocok untuk area yang sering digunakan atau dijalani banyak orang, karena tahan terhadap goresan dan tidak mudah rusak. 

Selain itu, serat acrylic juga tidak mudah mengembang ketika terkena air, sehingga cocok untuk area basah seperti kamar mandi atau dapur. 

Namun, serat acrylic mungkin kurang lembut dibandingkan serat wol, sehingga mungkin tidak cocok untuk area yang banyak digunakan untuk duduk atau tidur.

Karpet acrylic adalah karpet yang terbuat dari serat sintetis bernama acrylic. Karpet ini tahan terhadap goresan dan tidak mudah rusak, sehingga cocok untuk area yang sering digunakan atau dijalani banyak orang. 

Selain itu, karpet acrylic juga mudah dibersihkan dan tidak mudah mengembang ketika terkena air, sehingga cocok untuk area basah seperti kamar mandi atau dapur. 

Namun, karpet rumah ini mungkin kurang lembut dibandingkan karpet yang terbuat dari serat wol, sehingga mungkin tidak cocok untuk area yang banyak digunakan untuk duduk atau tidur.

Banyak dipasarkan sebagai wol sintetis memiliki harga murah paling mirip dengan jenis wol mengandung 85% akrilonitril dalam strktur kimianya dengan nama serat akrilik.

Kelebihannya, tahan terhadap listrik statis dan lembut seperti wol, tahan terhadap listrik statis serta tahan dengan bahan kimia maupun minyak.

Disamping itu karpet hunian memakai type ini memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap sinar matahari warnanya tida memudar.

Namun tipe karpet rmah ini tidak cocok diletakan pada area yang mempunyai intensitas lalu lintas tinggi serta rentan terhadap noda.

karpet akrilik dapat mengalami perubahan waran menjadi cokelat ketika di warna memakai bahan kimia alkali seperti produk pembersih.

6. Karpet lantai bahan Olefin

karpet olefin

Olefin atau serat poliester adalah serat sintetis yang tahan lama dan tahan air. Karpet yang terbuat dari serat olefin cocok untuk area yang sering terkena air, seperti kamar mandi atau dapur, karena tidak mudah mengembang ketika terkena air. 

Selain itu, serat olefin juga tahan terhadap goresan dan tidak mudah rusak, sehingga cocok untuk area yang sering digunakan atau dijalani banyak orang. 

Namun, serat olefin mungkin kurang lembut dibandingkan serat wol atau nylon, sehingga mungkin tidak cocok untuk area yang banyak digunakan untuk duduk atau tidur.

Karpet olefin adalah karpet yang terbuat dari serat sintetis bernama olefin atau poliester. Karpet ini tahan terhadap air dan tidak mudah mengembang ketika terkena air, sehingga cocok untuk area yang sering terkena air, seperti kamar mandi atau dapur. 

Selain itu, karpet olefin juga tahan terhadap goresan dan tidak mudah rusak, sehingga cocok untuk area yang sering digunakan atau dijalani banyak orang. 

Namun, karpet olefin mungkin kurang lembut dibandingkan karpet yang terbuat dari serat wol atau nylon, sehingga mungkin tidak cocok untuk area yang banyak digunakan untuk duduk atau tidur.

7. Karpet lantai Sisal 

Karpet sisal

Sisal adalah serat alami yang diperoleh dari pohon agave. Serat ini kuat dan tahan lama, sehingga cocok untuk karpet yang akan digunakan di area dengan lalu lintas yang tinggi. Selain itu, serat sisal juga tahan terhadap goresan dan tidak mudah rusak. 

Namun, serat ini agak kasar di bawah kaki, sehingga mungkin tidak cocok untuk area yang banyak digunakan untuk duduk atau tidur. Selain itu, serat sisal juga agak sulit dibersihkan jika terkena noda yang sulit dihilangkan.

Karper ini dinilai lebih lembut dibandikan dengan jenis serat nabati lain, terbuat dari 100% serat tumbuhan di tenn memakai bahan dasar lateks. Bahan ini anti bakteri, tahan api,dapat meredam suara, elastis dan menjadikan hunian menjadi lebih nyaman.

Disamping itu kelebihan karpet sisal lainnya yakni lebih kuat dibandingkan dengan serat alami lain, dan cocok untuk pengapilkasian dilar ruangan karena menyerap kelembaban.

Sedangkan kekurangannya , noda sulit dibersihkan, tekstur serat lebih kasar.

8. Karpet lantai Seagrass

Jenis karpet rumah seagrass

Seagrass adalah serat alami yang diperoleh dari tanaman yang tumbuh di daerah pantai. Serat ini tahan lama dan mudah dibersihkan, sehingga cocok untuk karpet yang akan digunakan di area dengan lalu lintas yang tinggi. 

Selain itu, serat seagrass juga tahan terhadap goresan dan tidak mudah rusak. Namun, serat ini tidak selembut serat wol, sehingga mungkin tidak cocok untuk area yang banyak digunakan untuk duduk atau tidur. Selain itu, serat seagrass juga agak sulit dibersihkan jika terkena noda yang sulit dihilangkan.

9. Karpet Karpet Kulit

Karpet kulit

Karpet kulit adalah karpet yang terbuat dari kulit hewan, biasanya domba atau sapi. Karpet kulit memiliki sifat yang unik dan elegan, sehingga cocok untuk digunakan sebagai dekorasi ruangan. 

Selain itu, karpet kulit juga tahan lama dan mudah dibersihkan, sehingga cocok untuk area dengan lalu lintas yang tinggi. 

Namun, karpet kulit juga agak mahal dibandingkan karpet yang terbuat dari serat lainnya, dan mungkin tidak cocok untuk digunakan di area yang banyak digunakan oleh anak-anak atau binatang peliharaan, karena mudah rusak.

Namun apabila anda hanya suka terhadap motif hewannya saja dan tidak menyukai kulit asli serta anggaran terbatas, maka sebagai alternatifnya bisa memilih karpet hewan yang imitasi. Merpupakan produk yang sengaja di desain menyesuaikan motif kulit hewan, mulai dari corak, bulu, memakai bahan akrilik dan sintetis lain. 

Namun perlu diketahui produk tiruan biasanya mudah rontok, namun harganya jelas lebih murah dari aslinya.

Kelebihan dan Kekurangan  Karpet Kulit :

  • Relatif Mudah dibersihkan. 
  • Menjadi estetika ruangan lebih pas. 
  • Mudah disesuaikan dengan konsep desain , tradisional, kontemporer, formal maupun kasual, elegan dan pedesaan. 
  • Kekurangannya Mudah melengkung.
  • Dibersihkan secara teratur agar tetap indah. 

10. Karpet bahan Sutra / Silk

karpet sutera

Serat sutra, yaitu serat yang diperoleh dari tanaman kapas. Karpet sutra memiliki sifat yang lembut dan halus, sehingga cocok untuk digunakan di area yang banyak digunakan untuk duduk atau tidur.

Selain itu, karpet sutra juga tahan lama dan mudah dibersihkan, sehingga cocok untuk area dengan lalu lintas yang tinggi. 

Namun, karpet rumah bahan sutra juga agak mahal dibandingkan karpet yang terbuat dari serat lainnya, dan mungkin tidak cocok untuk digunakan di area yang banyak digunakan oleh anak-anak atau binatang peliharaan, karena mudah rusak

Silk atau sutra adalah serat alami yang diperoleh dari benang sutera yang diproduksi oleh larva kepompong sutera. Serat ini memiliki sifat yang halus dan lembut, sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan untuk pakaian atau karpet. 

Selain itu, serat sutra juga tahan lama dan mudah dibersihkan, sehingga cocok untuk area dengan lalu lintas yang tinggi. Namun, serat sutra juga agak mahal dibandingkan serat lainnya, dan mungkin tidak cocok untuk digunakan di area yang banyak digunakan oleh anak-anak atau binatang peliharaan, karena mudah rusak.


11. Karpet katun

Karpet katun

Karpet katun adalah karpet yang terbuat dari serat alami bernama katun. Serat katun diperoleh dari pohon kapas dan memiliki sifat yang lembut dan halus, sehingga cocok untuk digunakan di area yang banyak digunakan untuk duduk atau tidur. 

Selain itu, karpet katun juga tahan lama dan mudah dibersihkan, sehingga cocok untuk area dengan lalu lintas yang tinggi. Namun, karpet katun juga agak mudah rusak dan mungkin tidak cocok untuk digunakan di area yang banyak digunakan oleh anak-anak atau binatang peliharaan.

Sangat cocok untuk mereka yang menginginkan karpet rumah dengan tekkstur lembut, kuat dan tahan lama bisa dicuci.

Kelebihan lainnnya adalah, karpet bahan cotton ini tidak menghasilan listrik statis, daya rekat terhadap lantai cukup baik , mampu menyerap kelembaban dengan baik dan hangat.

Namun disisi lain kekurangannya adalah, rentan pudar jika terekena sinar matahari, mudah kotor.

12. Karpet bahan Triexta Polyester (PTT)

Karpet poliester


Triexta polyester atau PTT adalah serat sintetis yang terbuat dari polimer yang terdiri dari sekitar 80% poliester dan 20% poliamida. 

Serat ini memiliki sifat yang lembut, tahan lama, dan mudah dibersihkan, sehingga cocok untuk karpet yang akan digunakan di area dengan lalu lintas yang tinggi. 

Selain itu, serat PTT juga tahan terhadap goresan dan tidak mudah rusak. Namun, serat ini mungkin agak mahal dibandingkan serat sintetis lainnya, dan mungkin agak sulit dibersihkan jika terkena noda yang sulit dihilangkan.

Setiap jenis serat memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilih jenis serat yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Karpet lantai ini menggaungkan poliester dan nilon yang dominan lebih mirip ke poliester ketimbang nilon.

Kelebihan  Kekurangan Karpet Triexta Polyester :

  • Lebih awet daripada karpet poliester konvensional. 
  • Ketahanannya sama dengan karpet nilon.
  • Tekstur Lebih lembut daripada poliester dan nilon.
  • Seratnya karpet ini bersifat hidrofobik (tidak menyerap kelembaban), tahan noda sangat baik. 
  • Tahan luntur , tidak mudah terbakar.
  • selain itu ada kekurangannya yani Sulit menyedot debu, sehingga memerlukan alat penyedot debu yang berkualitas.
Itulah beberapa jenis karpet lantai rumah yang bisa anda gunakan untuk mempercantik dan menambah estetik rumah idaman. Pastikan memilih dan menyesuaikan dengan warna rumah, memahami kekurangan dan kelebihanya hingga menyesuaikan budget.
BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to erainterior@gmail.com

Support Era Interior CS 1
6283837068818
Sales Era Interior CS 2
6283894289416
Call us to +626283894289416 from 0:00hs a 24:00hs
Apa Rencana Anda?
×
Chat