MGZ4NGR5NaN4NWBaMaB9MWV6MncsynIkynwbzD1c

Cara cat Tembok Interior dan ekterior Rumah

BLANTERLANDINGv101
5091283390637644176

Cara cat Tembok Interior dan ekterior Rumah

Selasa, 25 Oktober 2022
Konten [Tampil]

 Cara cat tembok interior dan eksterior rumah cenderung sama saja. Namun dalam hal ini sangat diperhatikan setiap proses nya supaya menghasilkan warna dan hasil sempurna. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan beberapa tips saat cat interior rumah.

Perlu diketahui Bahwa proses cat tembok harus dilakukan dengan benar supaya mendapatkan hasil yang sempurna dari segi warna hingga tingkat kerapatannya.

Dalam setiap pekerjaan tentu kita semua menyadari terdapat tata cara dan tips nya supaya mendapatkan hasil sempurna. Baik itu untuk rumah sendiri maupun mengerjakan cat rumah interior milik orang lain. Simak berikut tips Cat tembok interior maupun eksterior.

Baca juga: Aplikasi desain Rumah Android Gratis

Cara cat tembok Interior dan ekterior Rumah

Cara cat Tembok Interior

Saya akan memberikan tips pekerjaan dalam proses cat tembok dalam ruangan maupun untuk bagian luar ruangan. Hal ini pastikan dilakukan dengan baik dan benar supaya mengahasilkan warna dan tingkat kerataan sempurna.

Saat proses cat tembok tidak dikerjaakan secara baik, tentunya dapat berakibat fatal. Ya terang saja, terkadang pengecatan membutuhkan ketabalan yang merata supaya hasil warna semuanya serasi. Berikut tips cat tembok interior dan ekterior.

Baca Juga: Tips desain kamar tidur minimalis

1. Mempersiapkan peralatan Pengecatan

Tahap awal yang harus anda kerjakan saat akan proses pengecatan adalah mempersiapkan semua peralatan yang akan digunakan.  Hal Ini bertujuan agar semua proses pengerjaan dapat terarah dengan baik dan menghasilkan cat tembok interior maupun bagian luar rumah menjadi sempurna.

Berbagai jenis perlengkapan mengecat, Misalnya Bak cat, Roller, Kuas, Masking Tape, Amplas , lakban, Koran bekas, dempul, tangga dan lain sebagainya yang sekiranya akan digunakan. Pastikan semuanya lengkap agar tidak menghambat pekerjaan anda.

Saat semuanya sudah siap, hal ini akan mampu memberikan pekerjaan yang efektif dan efesien. Tidak aada aktifitas membuang waktu untuk melakukan pencarian peralatan karena sudah dipersiapkan.

2. Proses Bersihkan Tembok Sebelum Dicat

Tahap berikutnya saat akan mengecat tembok rumah interior maupun bagian luar yang perlu dikerjakan setelah semua perlengkapan sudah lengkap yakni mulai dari membersihkan tembok. Pastikan semua tembok rumah bersih dari debu supaya cat dapat melekat dengan baik.

Selain itu, anda juga memerlukan proses perbaikan, jika dirasa ada tembok yang memerlukan tambal sulam.  Karena pada saat akan dilakukan pengecatan sebaiknya jika menemukan cat lama sudah terkelupas atau mengembung, sebainya bersihkan cat lama tersebut.

Dalam proses pembersihan noda, kalian bisa pakai sikat dan lap basah.

Selain itu, apabila memungkinkan gunakan deterjen apabila terdapat minyak menempel pada tembok. Biasanya ini ditemukan diarea Dapur rumah.

Baca juga: Apa Itu gaya Interior rumah Kontemporer

3. Menutup bagian yang tidak akan di cat.

Biasanya interior memiliki Variasi warna, misalnya garis, motif dan lain sebagainya. Dan pada tahap ini sebaiknya anda menutupnya terlebih dahulu supaya tidak tekena cat anda. Tidak hanya itu saja, proses mengecat juga memerlukan menutup bagian lain, seperti jendela, pintu supaya terhindar kena cat.

Gunakan Lakban atau masking tap dengan mengikuti setiap alur dan batas cat tembok yang anda tentukan. Hingga semua bagian aman, maka sudah bisa mulai lanjut ke pekerjaan lain.

Disamping itu, kalian juga perlu mempertimbangkan kembali untuk memindah atau menutup semua barang yang berada dekat tembok. Apabila memungkinkan tutup memakai koran atau kertas apapun supaya aman dari cipratan cat.

Secara prosesdur langkah ini bisa terbilang wajib, karena waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan sisa cat menempel pada lantai maupun barang biasanya lebih lama dibandingkan menutup.

Sehingga apabila langkah ini dilewati, maka kalian akan mengalami kerugian secara waktu. Setelah mengecat tembok anda akan disibukan dengan membersihkan lantai, barang kena cat dan lain sebagainya yang seharusnya bisa diamankan sebelum mengecat.

4. Memperbaiki Kerusakan Tembok.

Berikutnya sebaiknya jangan langsung cat interior rumah anda, namu mari kita lanjut ke inspeksi. Kalian bisa memeriksa semua bagian yang akan di cat ulang , memastikan keretakan, tembok lembab, atau lainnya.

Apabila ada yang retak, sebaiknya gunakan Produk yang bisa untuk menambalnya, baik itu semen , aquaprood atau lain sebagainya. Hingga semua sudah dikerjakan , maka bisa melanjutkan tips cat tembok interior berikutnya

5. Mempersiapkan Cat Tembok

Langkah berikutnya adalah mempersiapkan cat. Pada tahap ini pastikan sudah menentukan warna yang akan digunakan untuk bagian tembok dalam rumah , luar rumah. Banyak jenis warna dan merek, pastikan pakai yang berkualitas agar hasil tidak mengecewakan.

Pesiapan Cat tembok ini selain dari pemilihan warna dan merek, kalian juga perlu mengaduk cat terlebih dahulu sebelum mulai mengecat tembok rumah. Hal Ini bertujuan agar warna bisa tercampur sempurna dan tidak ada gumpalan pada cat yang bisa menjadi masalah.

Setidaknya proses mengaduk lakukan selama 2 Menit, lakukan dan pastikan semua cat tidak ada gumpalan. Lakukan prosedur secara baik dan benar, untuk mendapatkan hasil sempurna kalian bisa membaca panduan yang ada dalam kemasan cat tembok.

Jika tidak direkomendasikan penambahan air atau apapun, sebaiknya kerjakan sesuai perintah. Sedangkan jenis cat tembok eksterior biasanya berbeda, kalian bisa memilih produk cat anti bocor seperti aquaproof maupun aquaproof pro untuk mencegah rembes dari luar kedalam.

6. Mulai Cat Tembok Memakai Warna Dasar

Ini sangat penting, banyak sekali mereka yang belum mengetahui salah langkah pada tahap ini. Cat dasar untuk tembok interior dan eksterior sangat perlu diperhatikan saat akan mengubah warna rumah selain dari Putih.

Silahkan amplas terlebih dahulu warna tembok lama , hilangkan warna sebelumnya. Namun sebagai alternatif , anda bisa mengecat warna tembok menjadi putih terlebih dahulu. Tujuannya adalah supaya warna cat tidak mengalami perubahan.

Setelah sudah dilakukan pengecatan warna dasar, maka sudah bisa melanjutkan ke pengecatan tembok ke warna yang anda inginkan. Hasilnya pasti akan memuaskan karena tidak akan terjadi perubahan warna.

Baca Juga: Jenis Jenis plavo PVC dan Motif nya

7. Gunakan Roller Cat dan Kuas Kecil

Sebaiknya gunakan roller untuk proses pengecatan. Gunakan bak roller, isi dengan cat dan siap untuk melapisi tembok. Pasalnya, jika mengcat memakai Kuas ini akan memakan waktu, tidak hanya itu hasil nya juga lebih bagus memakai roler.

Tetapi kita tahu ,cat tembok rumah memakai roler terkadang tidak bisa menjangkau pada bagian tertentu. Misalnya sudut rumah, atau tepi batas akhir cat. Maka Silahkaan gunakan Kuas kecil untuk menjangkaunya setiap bagian yang tidak bisa akses oleh roller.

8. Cara Mengecat Tembok

Ini sangat penting sebagai tips mengecat tembok rumah interior mupun ekterior supaya cat merata sempurna warnanya. Sebaiknya proses pengecatan dikerjakan dua kali pelaapisan. Lapisan pertama dan kedua usahakan menyilang. 

Misalnya apabila mengecat tembok pertama dilakukan dengan garis horisontal, maka pada lapisan kedua kerjakan secara vertikal. Tujuannya adalah supaya menjadi saling mengisi dan memberikan warna dan kerataan sempurna.

Lakuan berulang ke semua bagian tembok hingga selesai bagian dalam dan luar rumah. Semua tahapan dikerjakan dengan benar, maka pastinya akan mendapatkan pekerjaan memuaskan.

Baca Juga: Tips Desain kamar tidur Minimalis

#9. Selesai dan Membersihkan Peralatan

Apabila semua pekerjaan mengecat rumah sudah selesai, sebaiknya anda membersihkan peralatan sebelum menyimpannya. Mencuci kuas, Roller dan lain sebagainya supaya bisa digunakan kembali di kemudian hari. 

Biasanya setiap alat kerja mengecat yang tidak dibersihkan terlebih dahulu sebelum menyimpan, maka akan mengering dan keras tidak bisa dipakai kembali. Sayang sekali bukan?

Sedangkan untuk Cat sisa, Pastikan menutup dengan rapat dan letakan di area teduh dan terbebas dari jangkauan anak. 

Itulah beberapa poin penting yang bisa anda lakukan saat akan cat tembok interior dan Eksterior Rumah. Semoga Informasi ini bisa bermanfaat.

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to erainterior@gmail.com

Support Era Interior CS 1
6283837068818
Sales Era Interior CS 2
6283894289416
Call us to +626283894289416 from 0:00hs a 24:00hs
Apa Rencana Anda?
×
Chat