MGZ4NGR5NaN4NWBaMaB9MWV6MncsynIkynwbzD1c

Cara Mudah membuat Triplek Menjadi Tahan Air

BLANTERLANDINGv101
5091283390637644176

Cara Mudah membuat Triplek Menjadi Tahan Air

Jumat, 28 Oktober 2022
Konten [Tampil]

 Cara membuat triplek tahan air ; Triplek merupakan kayu lapis pabrikan yang saat ini sangat populer digunakan untuk pembuatan furnitur pekerjaan interior rumah, apartement, hotel dan lain sebagainya. Penggunaan triplek kerap kali peruntukan lemari, Kitchen set, Partisi hingga kebutuhan lain yang berurusan dalam dekorasi bangunan agar menjadi lebih indah.

Tidak semuanya sama, triplek terdapat beberapa variasi dan grade yang bisa menjadi pilihan. Saat ini kualitas terbaik nya adalah meranti. Ya, Kita tahu bahwa masalah terbesar pada triplek adalah ketika terkena air. 

Sehingga pengaplikasiannya sebaiknya selalalu memperhatikan dan menyesuaikan peruntukannya. Artinya, kalian bisa menghindari dari tempat-tempat yang kemungkinan kena air, misalnya furnitur Outdor, Pintu kamar mandi dan lain sebagainya.

Namun bagaimana cara membuat triplek menjadi tahan air? Era Interior akan membagian tips menarik yang bisa kalian terapkan saat akan membuat furniture memakai Plywood agar menjadi tahan terhadap cipratan air.

Baca juga: Aplikasi android Desain Rumah 3D

Cara agar triplek tahan Air.

Cara agar triplek tahan Air

Kayu lapis bermanfaat dalam membuat lemari pakaian, Meja Kantor , Maupun berbagai perlengkapan interior lain. Setiap orang tentu menginkan awet, biaya murah. Dan adanyaa triplek menjadi solusi terbaik pengganti kayu solid saat akan membuat keperluan interior rumah.

Apakah Triplek anti air dan Api? Tidak, sejauh ini tetap sama yakni rentan terbakar dan sebaiknya hidari air. Namun Ini menjadi alternatif terbaik supaya triplek yang akan anda gunakan lebih kuat terhadap air. 

Baca Juga: Mengenal arsitektur desain Rumah industrial

#1. Gunakan Resin Untuk Melapisi

cara melapisi triplek dengan resin

Harga resin relatif mahal, merupakan produk lapisan cair yang bisa dipakai supaya air tidak bisa meresap kedalam pori-pori triplek. Fungsi resin yakni sebagai pelindung, sehingga seluruh bagian permukaan plywood akan tertutup resin.

Cara melapisi triplek menggunakan resin ini tidak sembarangan, memerlukan teknik yang tepat supaya pekerja aman dan semua area plywood bisa terlapisi secara merata dan tahan air.

#2. Melapisi Triplek Dengan HPL

Cara kedua cukup simpel, yakni memberikan lapisan luar menggunakan HPL. Merupakan bahan yang sudah terkenal, tidak hanya tahan air HPL juga dianggap sebagai pelapisan yang mampu tahan api kecil. Misalnya bara Rokok, atau lainnya.

Terdapat banyak sekali Jenis HPL secara motif, sedangkan mereknya juga beragam . Harga HPL saat ini juga terbilang tidak murah, namun hasil furniture yang akan didapat memeberi estetika yang sangat elegan.

Pada artikel sebelumnya sudah perna diulas terkait produk ini sebagai pelapisan Multiflek atau kayu. Anda bisa membaca kelebihan dan kekurangan antara HPL, Melamin, Duko.

#3. Manfaatkan Oli Bekas 

Pada Cara ketiga ini kami kurang merekomendasikan, dengan cara merendam Plywood ke Oli Bekas memang menjadi lebih tahan terhadap Air. Alasanya sederhana, karena senyawa dalam Oli dan Air tidak bisa menyatu

Kekurangan memakai Oli sebagai pelindung triplek dari air cukup banyak, Misalnya menjadi kotor. Oli merupakan cairan yang tidak mudah kering, sehingga debu akan menempel.

Tidak hanya itu saja, memakai oli juga justru membuat triplek menjadi mudah terbakar. Sehingga kami berharap anda untuk mempertimbangkan kembali penggunaannya saat berfikir cara agar triplek tahan air.

Baca Juga: Cara membuat Kitchen set Sendiri menggunakan triplek

#4. Melapisi Triplek dengan dempul

Cara lain untuk membuat kayu lapis menjadi lebih tahan air, selain menggunakan minyak oli bekas, menggunakan HPL,  Anda juga bisa mengoleskan permukaan dengan dempul. Mungkin bagi kita yang tahu bahwa dempul hanya berguna untuk memperbaiki permukaan kayu lapis. Namun ternyata bahan ini bisa diaplikasikan sebagai bahan pelindung yang membuat triplek lebih aman dari air.

Jika menggunakan cara ini, pastikan dempul yang digunakan adalah untuk kayu. Memerlukan cara yang tepat dan sudah terbiasa menangani proses dempul kayu supaya hasilnya bagus. Silahkan Oleskan lapisan ini secara merata di atas kayu lapis dan seluruh lapisan kain, sehingga terlindungi dengan baik. 

Setelah Dempul kering dan mengeras, Tahap selanjutnya adalah melakukan beberapa pengamplasan untuk membuat permukaan menjadi halus dan rata. 

#5. Veneer atau Vernis Permukaan Triplek

Cara lain untuk membuat Plywood menjadi lebih kuat terhadap air adalah dengan menggunakan melapisinya memakai pernis. Pelapis atau pernis ini sendiri sudah dikenal sebagai pelapis membuat kayu mengilap natural dan ahan air. 

Vernis bekerja melapisi dan masuk kedalam pori-pori kayu maupun triplek. Sifatnya cair, dan sebaiknya dalam prosesnya dikerjakan oleh ahlinya. 

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menggunakan kuas, alat semprot (spray gun) untuk mengaplikasikan bahan ini. Namun, lebih baik menerapkan pelapis pada kayu lapis dengan kuas dan sudah diampelas sebelumnya. 

Pada prosesnya dapat dikerjakan 2-3 lapis supaya hasil menjadi lebih maksimal seluruh prori-pori tertutup. 

Baca Juga: Pemilihan Material Untuk Top Table Kitchen set

#6. Menggunakan Cat

Melapisi Triplek agar tahan Air

Dan Tips selanjutnya adalah dengan melapisi cat, Sama halnya dengan vernis. Cat berkerja sebagai pelindung bagian luar supaya air tidak bisa meresap kedalam celah triplek. Kalian bisa memakai Cat Khusus untuk triplek atau memakai cat Kayu, Cat anti air.

Secara prinsip kerjanya sederhana, yakni sebagai pelindung permukaan. Adapun jenis Cat yang akan dipakai dapat disesuaikan dengan peruntukan dari triplek tersebut.

Kesimpulan:

Apakah Triplek anti air? Secar umum tidak, sejauh ini semua jenis plywood sebainya diperuntukan pada furniture yang tidak bersinggungan langsung dengan air secara terus menerus. Namun untuk beberapa metode bisa kalian kerjakan agar triplek menjadi tahan air bisa melakukan salah satu tritmen diatas. 

Untuk rekomendasi, Gunakan Pelapis HPL, atau setidaknya kalian lebih mengetahui mana yang paling cocok menyesuaikan peruntukan triplek tersebut. 

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to erainterior@gmail.com

Support Era Interior CS 1
6283837068818
Sales Era Interior CS 2
6283894289416
Call us to +626283894289416 from 0:00hs a 24:00hs
Apa Rencana Anda?
×
Chat